Manfaat Pakaian Surfing yang Sering Terabaikan

Surfing termasuk jenis olahraga air. Di Indonesia, olahraga surfing termasuk jarang digemari masyarakat. Olahraga air ini membutuhkan keberanian yang tinggi, karena bermain di pantai dengan ombak yang besar. Surfing membutuhkan peralatan yang disebut dengan papan selancar dan peralatan lain, termasuk pakaian surfing.
Surfing yang lebih dikenal dengan selancar merupakan olahraga air yang dilakukan di pantai dengan ombak yang besar dan tinggi. Untuk dapat berjalan di atas ombak yang tinggi menggunakan papan selancar. Papan selancar bentuknya lonjong pipih dan hanya bisa menampung satu orang. Papan selancar akan bergerak dengan bantuan tenaga arus ombak dan dikemudikan oleh seorang peselancar.

Butuh keterampilan tinggi dan keberanian untuk bisa berselancar di pantai. Karena medan yang hadapi adalah gelombang ombak yang besar dan tinggi. Semakin tinggi gelombang ombak, semakin baik untuk berselancar. Dengan kata lain papan selancar akan berjalan dengan mulus jika disertai dengan ombak yang tinggi, karena tenaga arusnya yang besar.

Selancar hanya bisa dilakukan di pantai yang memiliki kecenderungan gelombang ombak yang tinggi. Di pulau Bali, khususnya di pantai Kuta, orang sering berselancar karena ombak di sana cukup besar dibanding dengan pantai di daerah lainnya. Selain Bali, para peselancar memilih pulau Mentawai untuk berselancar.

Berselancar tidak hanya membutuhkan keterampilan dan keahlian khusus saja. Ada aspek yang harus diperhatikan oleh para peselancar ketika akan berselancar. Salah satunya adalah pakaian surfing. Sebagian peselancar memilih untuk tidak mengenakan pakaian ketika mengarungi ombak. Padahal untuk keselamatan, pakaian surfing penting untuk digunakan.

Pakaian surfing hampir sama dengan pakaian untuk menyelam di bawah laut. Ukurannya bermacam-macam. Ada yang berlengan pendek dan ada yang berlengan panjang. Celana yang digunakan pun juga ada yang pendek dan panjang.

Pakaian surfing dapat membantu para peselancar terlindung dari percikan ombak yang cukup tajam di kulit. Terlebih dapat melindungi kulit dari iritasi yang bisa disebabkan oleh kotoran atau pasir yang terbawa oleh ombak. Tidak jarang bila tidak mengenakan pakaian surfing kulit menjadi bercak-bercak kemerahan bahkan terasa perih.

Selain pakaian surfing, alat penunjang keselamatan lainnya yang perlu diperhatikan adalah kacamata air. Kacamata ini berguna untuk melindungi mata kita dari iritasi akibat air laut yang mengandung garam. Jadi peralatan surfing tidak hanya papan selancar saja. Anda bisa mendapatkan peralatan untuk surfing di toko sport yang khusus menjual aksesoris olahraga air.

Pakaian surfing yang sifatnya menutupi dan melindungi kulit, terbuat dari bahan tahan air dan agak tebal, tetapi ketebalan untuk pakaian surfing tidak seperti pakaian untuk menyelam.

Surfing yang dilakukan dipermukaan air tidak menyebabkan kulit menjadi lembab atau kecut ketimbang bila lama berada di dalam laut. Pakaian surfing dibuat dengan model bukaan depan atau belakang yang menggunakan resleting khusus untuk pakaian olahraga air.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons